SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

1.1   SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar adalah suatu kegiatan membagi pasar kedalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda melihat dari karakteristik, kebutuhan, atau perilaku dari masing-masing pembeli  yang membutuhkan produk tersebut. Adapula yang mengartikan segmentasi pasar adalah suatu proses pengidentifikasian  dan menganalisis pembeli  dipasar produk atau perbedaan antara  pembeli dipasar.  Melakukan segmentasi pasar merupakan suatu tindakan yang kreatif, karena disamping bisa memudahkan produsen untuk memantau pasar, hal tersebut pun memudahkan pembeli untuk mengetahui dimana mereka dapat menemukan produk yang dibutuhkan. Hermawan kertajaya berpendapat kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar. Dalam dunia bisnis melakukan segmentasi pasar merupakan suatu keharusan, karena hal tersebut sangatlah penting didalam bisnis serta didalam pemasaran.

Dalam segmentasi pasar ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Geografi

Segmentasi pasar secara geografi adalah membagi pasar kedalam geografi yang berbeda beda. Variabel untuk segmentasi pasar secara geografi antara lain : wilayah, daerah , iklim, ukuran kota, negara dll.

  1. Demografi

Pasar dibagi menjadi grup-gruo dengan dasar pembagian seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan dan agama. Alasan informasi demografi ini selalu diikut sertakan antara lain adalah informasi yang mudah dijangkau dan relatif murah untuk melakukan identifikasi target pasar.

  1. Psikografi.

Perusahaan yang ingin mengetahui lebih jauh tentang perilaku konsumen melakukan segmentasi ini dengan mengobservasi perilaku konsumen melalui gaya hidup, kepribadian dan nilai kehidupan yang dianut.

1.2   TUJUAN SEGMENTASI PASAR

  1. Menyalurkan uang  dan usaha ke pasar potensial yang paling menguntungkan.
  2. Mudah dalam mengatur waktu promosi karena pasarnya telah dikelompokkan.
  3. Dapat dengan mudah mengenai target pasar.

1.3   ANALISIS DEMOGRAFI

Demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia.  Dengan melakukan analisis tersebut diharapkan dengan melihat  dinamika kependudukan manusia dapat dengan mudah melakukan segmentasi pasar dengan melihat dari variabel : ukuran , struktur , distribusi penduduk, kematian, dll.

Dalam analisis demografi kita dapat mengumpulkan data dengan menggunakan 2 metode yaitu :

  • Metode langsung. Data berasal dari statistik yang mencatat seluruh kelahiran dan kematian, dan perubahan status secara sah seperti perkawinan, perceraian, dan migrasi.
  • Metode tidak langsung. Digunakan saat data utuh tidak tersedia, misalnya pada negara berkembang dan demografi masa lampau.

Hal hal yang paling populer yang digunakan sebagai variabel dalam analisis demografi adalah diantaranya :

  1. Umur
  2. Tahap hidup
  3. Gender
  4. Penghasilan
  5. Kelas sosial
  6. Gaya hidup

Sumber yang saya gunakan sebagai referensi penulisan artikel sederhana ini adalah :

http://ayankvoice.wordpress.com/2012/10/14/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi/

http://dimasmandala.wordpress.com/2011/12/01/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi-terhadap-perilaku-konsumen/

http://wikipedia.com

Terima kasih atas informasi yang saya dapat gunakan sebagai bahan dalam penulisan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s