EVALUASI ALTERNATIF SEBELUM PEMBELIAN

EVALUASI ALTERNATIF SEBELUM PEMBELIAN

kesepakatan
kesepakatan dalam transaksi jual-beli

Saya adalah seorang konsumen yang sedang ingin membeli sebuah barang untuk kebutuhan pribadi saya, dimana barang tersebut memiliki beberapa kompetitor yang menyediakan barang yang sama dari segi kualitas. Ketika saya dihadapkan dengan kondisi seperti itu saya biasanya akan membuat sebuah alternatif untuk melakukan aktivitas pembelian barang tersebut.

Dengan kata lain, saya menilai beberapa produk yang memiliki kesamaan kegunaan dengan produk yang ingin saya beli. Saya asumsikan produk itu adalah produk A dan ada beberapa produk yang memiliki kegunaan sama denga produk A yaitu : produk B, C, dan D. Dari ke-empat produk tersebut memiliki kegunaan yang sama, misalkan kegunaannya adalah untuk menulis. Dan hal yang membedakan dari ke-empat produk itu adalah dari spesifikasi dan harga yang ditawarkan.

Saya asumsikan produk A hanya memiliki spesifikasi warna didalam satu pulpen tersebut adalah satu warna yaitu hitam dengan harga Rp.2000 untuk satu pulpen. Produk B memiliki 3 warna dalam satu item dan harganya adalah Rp.10.000 ini produk yang laku dipasaran karena memiliki brand yang sudah sangat familiiar untuk konsumen. Produk C memiliki 5 warna dalam satu item dengan harga Rp 5.000 serta brand yang tidak terlalu familiar di masyarakat. Untuk produk D memiliki 5 warna dalam satu item dengan dibandrol harga Rp.6000 untuk satu item, serta brand pulpen ini cukup familiar dimasyarakat.

Ketika saya mendapat kondisi seperti itu saya akan menggunakan alternatif lain sebelum pembelian tersebut dimana saya akan melakukan :

  1. Menilai apakah semua produk memberikan manfaat yang sama.
  2. Menilai harga dan kelebihan dari masing-masing produk.
  3. Menilai kualitas produk itu dengan melihat disekitar saya, bagaimana menurut konsumen yang lain.

Dengan  melakukan identifikasi sederhana seperti itu, maka saya sudah melakukan yang namanya evaluasi alternatif sebelum pembelian. Bagaimana teman?? Bisa dipahami secara sederhana, apa itu evaluasi alternatif sebelum pembelian?

Oke jika belum mari kita simak pendapat beberapa di bawah ini tentang “Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian”

Sutisna (2011:22), “Setidak-tidaknya ada dua kriteria evaluasi alternatif. Pertama adalah manfaat yang diperoleh dengan membeli produk. Kedua, kepuasan yang diharapkan”. Kemudian mari kita tilik beberapa pendapat tentang evaluasi Menurut Curtis, Dan B; Floyd, James J.; Winsor, Jerryl L Evaluasi adalah proses penilaian.  Penilaian ini bisa menjadi netralpositif atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Saat sesuatu dievaluasi biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan tentang nilai atau manfaatnya.

Yang bisa kita simpulkan adalah evaluasi alternatif sebelum pembelian adalah suatu proses penilaian terhadap alternatif lain dari barang yang akan kita beli dengan melihat beberapa kriteria. Mungkin, antara satu konsumen dengan konsumen yang lain memiliki kriteria yang berbeda, itu wajar karena, kita memiliki pendapat dan cara penilain yang berbeda. Namun penilaian terhadap alternatif barang biasanya kriterianya adalah sebagai berikut :

  1. Harga, konsumen cenderung melakukan penilain pertama terhadap barang yang akan dibeli.
  2. Merk, pertimbangannya adalah brand terkenal di masyarakat atau yang biasa saja.
  3. Produsen, melihat historical produsen dari beberapa pendapat orang disekitar.
  4. Keunggulan yang lain yang dimiliki masing-masing barang, disamping manfaat utama yang diberikan oleh barang itu untuk memenuhi kebutuhan kita.

Begitulah yang bisa saya paparkan mengenai evaluasi alternatif sebelum pembelian, ini berdasarkan pengalam saya sebagai konsumen, dan ini selalu saya lakukan sebelum membeli, dengan harapan barang dengan kualitas baik dan harga yang lebih miring dibanding barang yang lainnya.

Terima kasih untuk beberapa sumber yang memberikan informasi untuk mendukung penulisan ini Sumber :

http://gultomhans.wordpress.com/2012/11/11/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian/

http://bangfajars.wordpress.com/2009/09/03/pengertian-evaluasi-menurut-pakar/gcdkugc

Leave a Reply

