si PAHIT dengan SEGUDANG MANFAAT … !!!

SI PAHIT DENGAN SEGUDANG MANFAAT UNTUK WANITA!

Image

Wahh lama tidak menulis tentang hal umum. Kali ini, saya akan menulis mengenai sayuran kesukaan saya yaitu “PARE”, weh weh weh.. pasti yang terbesit dalam pikiran teman-teman, buah yang pahit dan tak enak. Weitsss, tunggu dulu ni teman, pahit atau tidaknya pare tersebut tergantung bagaimana cara mengolahnya. Oia sampe lupa kenalin pare adalah buah dari tanaman yang merambat, memiliki warna hijau, dimana ketika sudah masak akan berubah menjadi merah, dan bagi saya yang merah sulit untuk diolah karena terlalu masak. Dengan nama ilmiah momordica charantina , atau yang biasa kita sebut pare, dibalik kepahitannya ternyata pare memiliki segundang manfaat (sepertinya terdengar lebay, but  never mind –lah yaa J yang penting happy ). Nah ini beberapa manfaat dari si pahit yang saya dapat dari sebuah website..

Oke lets check it J

1.  Mengusir Diabetes

Adanya antidiabetes di dalam pare dipercaya mampu menekan resiko diabetes pada anda. Selain itu  kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare sehingga mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.

2.  Menangkal Sel kanker

Wanita rentan terhadap beberapa kanker yang membuat ancaman bagi dirinya, kanker serviks sebagai pembunuh nomber satu disusul oleh kanker payudara diperingkat selanjutnya, sehingga penting untuk anda dalam menangkal sel kanker. Pare mempunyai kemampuan untuk menangkal sel kanker dengan kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker di tubuh anda.

3.  Menurunkan Berat Badan

Pare merupakan sayuran yang direkomendasikan untuk anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga kestabilan berat badan anda. Dalam secangkir pare ternyata memiliki 16 kalori sehingga mampu membuat anda mengontrol nafsu makan dan membuat anda cepat kenyang. Tidak ada salahnya anda untuk mengkonsumsi pare di dalam menu makan anda sehingga membantu anda mendapatkan berat badan ideal.

4.  Membersihkan Darah

Sayuran pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah anda. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara di jus sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Konsumsi rutin pada pagi dan malam hari, dengan demikian dapat membantu anda dalam membersihkan darah.

5.  Memerangi HIV/AIDS

Adanya kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 ternyata mampu membatasi perkembangan HIV. Pernytaan tersebut didukung penelitian yang dilakukan pada beberapa pasien yang mengidap AIDS yang diberikan ekstrak pare dan hasilnya kekebalan tubuh pasien tersebut meningkat.

6.  Melancarkan Pencernaan

Sayuran pare kaya dengan kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten. Rasa pahit pada sayuran pare ternyata sangat baik untuk membantu anda dalam mengatasi masalah pencernaan. Anda boleh menambah menu makan anda dengan beberapa olahan pare.

7.  Mengatasi Asma

Sebuah studi dengan konsumsi sayuran pare ternyata merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan masuknya aliran udara yang kuat. Ini bagus untuk anda yang menderita asma.

8.  Kecantikan

Tidak banyak yang tahu ternyata vitamin c yang dihasilkan oleh pare dapat membantu anda dalam memelihara kecantikan anda selain itu ancaman efek buruk dari sinar ultraviolet dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayuran pare.

Selain itu juga ternyata sayuran pare juga dapat menurunkan demam, bisul, disentri amuba, wasir , bronkhitis obat malaria dan penyakit kuning. Masihkah anda ragu untuk mengkonsumsi sayuran pare, setelah mengetahui banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda.

Di negara seperti Jepang, China, dan Korea, pare sering digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Bahkan, ada ekstrak pare yang dikemas dalam bentuk kapsul siap minum. Untuk kanker  menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Saint Louis AS membuktikan bahwa manfaat pare dapat membunuh sel kanker seingga dapat dimanfaatkan sebagai obat antikanker. Ekstrak pare dimanfaatan sebagai penghambat dan penghenti pertumbuhan sel-sel kanker payudara

Nah… nah… nahh… sayur yang sering ditolak dimeja makan ini ternyata berkhasiat ya untuk beberapa hal dikehidupan kita, sayang sekali jika diabaikan.. pahit pare bisa dinetralisir sebenarnya, walau sulit untuk menghilangkan rasa pahit itu secara total. Tapi, selagi rasa pahit itu bisa ditolerir lidah , why not to try this , jujur saya dulu tak suka, ya karena pahit, tapi suatu ketika ibu saya memasakan saya sayuran ini dikombinasi dengan udang rebon dan dengan cara olahan yang benar, pare yang tadinya sering saya tolak, kini menjadi makanan favorite saya. Maka dari itu saya penasaran ada apa dibalik si pahit ini.. walaaaa ternyata ^_^ yuk mari dicoba

Selamat mencoba mengolah si pahit menjadi santapan layak ditunggu oleh keluarga di meja makan J

Sumber : Pare Makanan Pahit Dengan Segudang Manfaat Bagi Wanita http://bidanku.com/pare-makanan-pahit-dengan-segudang-manfaat-bagi-wanita#ixzz2on752wcK

Sumber inspirasi :http://www.makanansehat.web.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s