SUMBER DAYA KONSUMEND DAN PENGETAHUAN

SUMBER DAYA KONSUMEN DAN PENGETAHUAN

Konsumen adalah orang yang melakukan kegiatan pembelian atau menjadi pelanggan dengan tujuan untuk memenuhi barang yang akan mereka gunakan sebagai kebutuhan hidupnya. Kebutuhan tersebut dapat berupa barang ataupun jasa.

Sumber Daya Konsumen adalah  pendapatan  (kekayaan) yang dimiliki seorang konsumen dengan  tujuan untuk menentukan apa yang akan dibeli oleh konsumen (keputusan konsumen).  Sumber daya konsumen sangat terkait dengan tingkat pendapatan konsumen itu sendiri, tinggi atau rendah akan sangat mempengaruhi keputusan mereka untuk melakukan kegiatan konsumen terhadap suatu barang atau jasa. Sumber daya konsumen ini terbagi menjadi tiga yaitu :

1. Sumber daya Ekonomi (Uang)

sumber daya konsumen (uang)

Jenis sumber daya ini dipengaruhi oleh uang, dalam pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen sangat dipengaruhi oleh tingkat pendapatan atau uang yang dimilikinya. Dalam sumber daya manusia yang satu ini kekayaan adalah sebagai pengukurnya, jika pendapat atau kekayaan seseorang rendah maka sudah dipastikan tak dapat melakukan kegiatan pembelian dimana membutuhkan uang atau kekayaan yang banyak, sebaliknya mereka yang memiliki banyak kekayaan dapat dengan mudah melakukan kegiatan pembelian.

Berikut ini adalah pembagian sumber daya ekonomi (pendapatan) konsumen, yaitu:

a)      Sumber daya ekonomi individu.

b)      Sumber daya ekonomi keluarga.

c)       Sumber daya ekonomi rumah tangga.

2.  Sumber daya Temporal  (waktu)

Sumber daya konsumen ini dipengaruhi oleh waktu dimana berhubungan dengan bagaimana konsumen melakukan anggaran waktu yang akan digunakannya. Waktu menjadi sangat penting untuk mengetahui perilaku konsumen tak sedikit konsumen yang semakin mengalami kemiskinan akan waktu dikarenakan kesibukan dalam kegiatan sehari-hari. Waktu dapat menunjukan kepribadian atau gaya hidup dari konsumen itu sendiri.

Secara historis, anggaran waktu konsumen dianggap memiliki dua komponen, yaitu waktu kerja dan waktu senggang. Menurut Lane dan Lindquist, anggaran waktu konsumen terbagi atas:

a)      Waktu yang menghasilkan pendapatan

b)      Waktu terikat (wajib dan non-wajib)

c)       Waktu tidak terikat (terencana dan tidak terencana)

3. Sumber daya kognitif (Perhatian)

Teori sumber daya kognitif ini merupakan teori yang menjelaskan bagaimana seseorang melakukan presentasi terhadap dunia dan lingkungan dalam tahap-tahap perkembangan dan melakukan operasi logis dalam me-representasikan konsep tersebut berdasarkan kenyataan. Yang kemudian teori ini dikelompokkan kedalam teori  konstruktivisme.

pengetahuan konsumen merupakan salah satu yang paling menentukan keputusan konsumen dalam transaksi. Pengetahun ini merupakan pengetahuan utama mengenai produk yang akan dibeli misal, mengenai produk, kegunaan, keunggulan, kemudahan dalam mengoperasikannya, kelemah produk, serta pengetahuan lainnya. Pengetahuan konsumen terbai menjadi :

1. Pengetahuan produk

Kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk misalkan : karakteristik produk, manfaat produk, dan kepuasan yang diberikan produk tersebut terhadap konsumen.

2. Pengetahuan pembelian

Pengetahuan yang satu ini berkaitan dengan pengetahuan tentang toko, lokasi produk didalam toko serta penempatan

3. Pengetahuan pemakaian

Suatu produk yang dibeli oleh konsumen akan memberikan manfaat yang dibutuhkan konsumen setelah produk tersebut dikonsumsi. Terkadang produk tersebut salah didalam pemakaian yang dilakukan oleh konsumen sehingga tak memberikan manfaat seperti yang diharapapkan konsumen, maka pengetahuan pemakaian ini sangat dibutuhkan.

Kesimpulan dari materi ini adalah kita sebagai konsumen memiliki beberapa sumber daya yang dapat digunakan seperti sumber daya yang berkaitan dengan kekayaan atau uang, sumber daya yang berkaitan dengan waktu serta sumber daya yang berkaitan dengan perhatian atau kognitif. Dan sebagai konsumen selain kita dituntut memiliki sumber daya, kita juga harus memiliki pengetahuan, pengetahuan ini sangat bermanfaat dan sangat menentukan didalam keputusan konsumen untuk melakukan proses pembelian atau konsumsi terhadap suatu barang konsumsi.

Terima kasih untuk beberapa artikel dari sumber dibawah ini, sangat membantu

Sumber :

http://yoghaarghapermana.blogspot.com/2013/10/bab-6-sumber-daya-konsumen-dan.html

http://mulyonoprabowo.wordpress.com/2012/11/18/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan/

http://boetarboetarzz.blogspot.com/2012/11/sumber-daya-konsumen.html

http://opickipo.wordpress.com/2013/11/19/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s