Am I???

Am I sanguinist???

Haii, teman-teman.. malam ini mau nulis tentang kepribadian ya, sebenernya ga terlalu ngerti yang namanya penilain diri apalagi menyentuh dunia psikologi, wahh ga ada basic sama sekali. Ketertarikan saya untuk menulis ini, karena waktu itu saya sedang membuka akun jejaring sosial saya, ada sebuah artikel mengenai kepribadian yang manakah kita? Nah iseng-iseng baca deh. Dan sepertinya saya lebih condong ke kepribadian sanguinis. Oke mari kita mulai.

Apa itu kepribadian Sanguinis?

Kenapa saya menulis ini, karena saya mengikuti test kepribadian walau saya tahu diri saya condong sanguinis, tapi saya masih penasaran. Dan ternyata hasil test memang sama saya orang sanguinis, dan mari kita simak ^_^

Sanguinis merupakan suatu kepribadian yang paling populer dibanding ketiga yang lain seperti melankolis, plegmatis, koleris. Orang-orang sanguinis itu they like being popular, WOWW.. kenapa? Karena mereka memiliki pembawaan yang mudah beradaptasi dan mudah bergaul serta ceria, sehingga banyak orang menyukai kepribadia ini, tapi tentu jika ada hal positive dari kepribadian ini pasti ada pula sifat negativenya.

Orang dengan tipe kepribadian “Sanguinis” cenderung terbuka (bahkan mungkin ‘super terbuka’) bukan hanya kepada orang yang dikenalnya, bahkan untuk orang yang baru dikenalnya, mereka juga bersikap seperti itu. Mereka juga suka berbicara (bahkan kadang berbicara dengan cerita yang sama, walau dia tahu orang yang diajak berbicara sudah tahu cerita itu, tapi dia membuat cerita itu jadi lebih asik untuk didengar kembali), mudah menyesuaikan diri (tidak terlalu sulit bertemu dengan lingkungan baru dan merasa senang dengan lingkungan baru) karena mereka bisa mengeksplore lebih keadaan baru itu, ramah, hangat, humoris, dan reponsif. Orang-orang Sanguinis sangat suka bergaul dan spontan, jarang kuatir dengan masa lalu atau masa depan, dan lebih menikmati kegembiraan hari-hari yang dilaluinya dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya. Orang-orang Sanguinis jarang berpikir berat,  lebih sering menafsirkan kejadian-kejadian yang ada dengan cepat dan sering tanpa pertimbangan yang matang. Dan ini yang sering menjadi masalah bagi orang sanguinis karena, karena mereka jarang mengantisipasi pilihan atau tindakan mereka. Perasaan mereka lebih mendominasi dalam segala hal, sehingga menjurus pada keputusan-keputusan yang bersifat emosional dan spontan.

Pada dasarnya, orang-orang Sanguinis ini adalah pribadi yang gembira, ceria, memiliki selera humor yang tinggi, mudah membuat orang lain tertawa bahkan suara tertawa mereka jika didalam sekelompok kumpulan orang sering yang mendominasi dan besar atau tinggi dari pada yang lain, dan bisa menyemangati orang lain, memberikan energi positive didalam sebuah acara perkumpulan bersama teman-teman. Sayangnya, mereka cenderung bersifat impulsif.

Namun, sikap banyak bicara ini terkadang bagi sebagian orang adalah sifat yang mengganggu.Nah apa sih, yang menyebabkan manusia memiliki kepribadian yang berbeda beda? Salah satu teori mengenai tipe kepriba dian manusia berasal dari Socrates yang membagi berdasar cairan tubuh yang dominan. Cairan ini adalah chole, melanchole, phlegma, sanguis.

Untuk lebih lanjut penjelas mengenai tipe-tipe kepribadian, teman-teman dapat mencari sendiri di google karena saya tidak dapat menjelaskan secara detail, maklum basic saya ekonomi, tapi tertarik dengan dunia psikologi..

 

 

 

Leave a Reply

