Jangan Berlebih mengkonsumsi si Hitam ini ya

kopi

hem, mau nulis apa ya siang lengang ini? guys sepertinya hari ini saya akan menulis tentang sebuah minuman favorite saya, atau mungkin juga teman-teman termasuk kedalam pecinta minuman yang satu ini. Menurut beberapa teman yang tak terbiasa meminumnya mereka merasakan sulit untuk tidur setelah meminumnya. Namun sebagian teman yang lain merasakan pusing jika tidak minum, minuman yang satu ini. Warnanya hitam pekat, dan aromanya (eeeemmmmm… sedapnya.. 🙂 ) apakah itu??

yupss teman-teman pasti sudah tak asing dengan minuman ini. Dia adalah “KOPI”. Saya akan sedikit mengulas mengenai kopi, terkhusus kopi khas Indonesia, yang dari segi rasa tak kalah nikmat dengan kopi-kopi yang dijual di cafetaria.

Jujur, saya lebih suka kopi hitam dibanding kopi yang telah mendapat sentuhan bahan lain. Ibu saya, juga termasuk pecinta kopi sejati, dan ibu selalu membawa dari kampung saya, dimana beliau sendirilah yang membuatnya, dengan yang pastinya mengolah secara tradisional. Rasanya itu, super sekali nikmatnya.

Apa si yang membuat seseorang menjadi kecanduan? atau sangat menyukai minuman yang satu ini? Ternyata didalam kopi terdapat kandungan kafein. Dimana kafein adalah senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat dalam kopi adalah antara 1 hingga 1,5% (www.manfaatkopi.com )

Kafein ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh seperti penelitian yang dilakukan di Florida, ketika kita mengkonsumsi 3 cangkir sehari akan mengurangi resiko alzheimer. Penelitian lain yang dilakukan di University of Illinois menunjukkan bahwa kafein mampu menghalangi peradangan otak yang dapat menyebabkan penyakit otak.Kafein mempunyai pengaruh yang berbeda-beda pada pria dan wanita. Konsumsi kafein akan menurunkan risiko diabetes pada pria, sementara pada wanita justru yang terjadi adalah sebaliknya.Kafein juga mampu memerangi kanker. Wanita yang minum 4 cangkir kopi sehari akan mengalami penurunan risiko kanker endometrium sebanyak 25%. (http://www.merdeka.com/sehat/ternyata-kafein-menyimpan-9-rahasia-kesehatan-tersembunyi-ini.html)

Nah, walaupun kafein memiliki manfaat yang baik untuk tubuh tapi kita juga harus mengkonsumsinya jangan berlebihan, seperti Allah subhanahu Wa Ta’ala didalam Al Qur’an,

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Makan dan minumlah kalian, namun jangan berlebih-lebihan (boros) karena Allah tidak mencintai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (Q.S Al-A’raf:31)

“Banyak orang dapat mengonsumsi kafein tanpa khawatir sedikit pun. Padahal hal tersebut dapat memberikan efek negatif, seperti ketergantungan yang membuat orang tidak mampu untuk meninggalkannya (kafein),” tutur Prof Laura Juliano. Itulah pendapat seorang ahli. Disini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu.

Jadi walaupun kita suka sekali dengan si hitam yang satu ini, tapi tetap diingat ya kawan, ada batasannya. Segala yang berlebihan itu tidak baik..

by : SR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s