Madrasah WeekEnd (Part 2)

Taraaaa waktunya menggambar 🙂 Madrasah WeekEnd SEF

 

Bismillah , Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. Hari ini 8 Juni 2014. Saya ingin menulis tentang kegiatan yang rutin sabtu dan minggu diadakan oleh Sharia Economy Forum (SEF) Universitas Gunadarma, bertempat di Asrama SEF yaitu Madrasah WeekEnd , madrasah weekend adalah suatu taman yang berisis adk-adik kecil berusia kisaran 5-12 tahun, dimana mereka ingin belajar dan bermain tanpa merasa bahwa belajar itu tak mengasikkan. Pengajar di Madrasah WeekEnd ini adalah kakak-kakak di SEF sendiri, dengan inisiatif merekalah taman ini dapat berdiri. Para pengajar membuat suasana belajar menjadi mengasikan dengan diselingi Games dan pemberian reward. Subhanallah beberapa kali belajar bersama mereka adik-adik yang luar biasa memberikan banyak pelajaran kepada saya, mengingatkan akan semangat menimba ilmu kepada saya, mengingatkan saya bahwa berbagi itu indah, dan persaudaraan itu indah.

Saya kurang tahu, kapan tepatnya MW (Madrasah WeekEnd) SEF ini berdiri mungkin kurang dari 1 tahun atau lebih. Kemarin adik-adik belajar mengekspresikan kreatifitas mereka melalui kegiatan menggambar, adik-adik diberikan ruang bebas di halaman asrama, mereka dengan senang dan riang seperti biasa (kenapa saya katakan seperti biasa, karena hari itu saya berhalangan hadir). Tujuan menggambar di ruang bebas seperti halaman ini adalah untuk membuka gerbang kreatifitas mereka, karena saya dan mungkin kakak-kakak sadar, ketika kita kecil, saat menggambar dan mewarnai kita sering didikte untuk warna dan kadang kita disalahkan jika menggunakan warna yang tidak sesuai dengan keadaan riil, menurut saya disinilah kreatifitas kita sulit keluar bebas karena ada peng-gerbangan dan dari sebuah artikel yang saya pernah baca ketika anak kecil sering didikte ketika menggambar atau lain sebagainya maka dia akan cenderung minder melakukan sesuatu dan selalu ingin melakukan kegiatan jika sudah mendapat dikte-an. Berikan pengawasan kepada anak-anak dengan hal yang menyenangkan dan tak terkesan mengekang ekspresi mereka.

Alhamdulillah In Syaa Allah di MW ini adik-adik di biarkan bebas mengekspresikan imaginasinya dalam menggambar dan mewarnai (tetap dalam pengawasan yang menyenangkan yang dilakukan para pengajar) . Tema menggambar memang diberikan dengan tujuan agar adik-adik lebih fokus kepada tema , tema kali ini adalah pepohonan dan binatang. Saya jadi ingat #EdisiMenggambar part 1, ada seorang adik menggambar dalam buku gambarnya dan gambarnya itu hanya kotak kotak dan persegi panjang, ketika saya tanya adik itu menjadwab “kaka, ini gambar sekolah” sejenak saya bingung, lantas saya meminta adik itu untuk menjelaskan kotak dan persegi yang lain, dia menjawab “Ini pintu, ini jendela, ini ruangannya, ini atapnya, ini gerbangnya” begitu jawaban adik itu dengan ekspresi muka yang polos. Saya tidak mengatakan adik itu salah, kenapa?, perhatikan pintu, jendnela, ruang dan gerbang ketika hanya digambar dalam bangun datar,semua itu berbentuk dasarnya adalah persegi atau persegi panjang, itulah yang dinamakan imaginasi, terkadang kita melihat sebuah gambar atau lukisan yang biasa tapi di benak si pembuat dia dapat melihat apa yang tidak kita lihat (namanya juga adik kecil ^_^).

SEFmangat untuk adik-adik, harapan saya MW ini dapat going concern aamiin, Jazakumullahu khair.

Foto : Diambil oleh bang Mufid Suryani

Tema : Menggambar pohon dan binatang

Tempat : Madrasah Weekend di Halaman Asrama SEF

Tanggal : 8 Juni 2014

Waktu : 08.00 sampai dengan selesai

 

 

Leave a Reply

