Menjadi pembicara di acara TnT Fajrul Islam Gunadarma, 2 & 7 Oktober 2014, Kampus Depok dan Karawaci

7 Oktober 2014, perkenalkan nama saya siti rahayu, biasa dipanggil siray, usia kini menginjak 22 Tahun dan masih saja menjadi anak manja. 7 Oktober 2014 lalu saya mendapat kesempatan menjadi pembicara dalam acara Tips and Trick Achievment Student at Karawaci. Awalnya tak menyangka dapat menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut. Jujur saja, saya bukan motivator ataupun diktator, saya hanya presentator.. upss bercanda kawan kawan. Acara Tips and Trick atau bisa saya singkat saja supaya memudahkan saya nanti menceritakan cerita saya ini, saya singkat ya teman-teman, boleh kan? Wah panjang juga heheh.. oke saya singkat menjadi TnT (Bacanya pake pronounce english ya biar kereeen ).

TnT Karawaci

Apa itu TnT, TnT itu suatu acara Talkshow yang mengundang mahasiswa baru ( Maba ) dari kampus saya, dimana diselenggarakan oleh Fajrul Islam, diadakan di dua lokasi kampus saya yaitu di Depok dan Karawaci. Upss lupa memperkenalkan universitas saya, saya kini menjadi mahasiswa aktif di Universitas Gunadarma , domisili Depok. Nah jadi sudah tahu ya saya itu berasal dari mana, oke next. Acara TnT ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada maba supaya mereka bisa menggali dan potensi dalam diri supaya menjadi mahasiswa yang bukan hanya berprestasi diakademik tetapi juga berprestasi di organisasi atau masyarakat. Nah udah kebayang belum ni teman-teman bagaimana acara TnT itu, saya yang menjadi narasumber pula merasa bingung kenapa saya yang terpilih, karena saya bukan mahasiswa terpintar di fakultas saya, hanya saya  cerdas, # tetep.. hahaha ketawa riang sekali 😀

Oke lanjut kan ya biar ga panjang-panjang nih ceritanya #padahal udah dua paragrap aja belum kegambar ya acara tersebut hihihiiiii.. kocak. Jadi diacara TnT itu terselenggara dikarenakan melihat kondisi dari adik adik maba yang mungkin masih merasakan sakit hati karena belum bisa masuk PTN. Nah di TnT kita berbagi cerita tentang mahasiswa PTS juga sama ko  seperti mahasiswa PTN, percaya ga? Kan value kita bukan dimana kita berada, tapi bagaimana kita meng higher kan value nya dan bisa setara dengan mereka yang mendapat kesempatan menjadi mahasiswa PTN, ingat PTS itu bukan buangan, PTS itu karena kita belum berkesempatan saja menjadi mahasiwa PTN. Ada kalimat yang saya selalu sampaikan pada acara TnT “ Mutiara akan tetap menjadi mutiara dan tetap bernilai, dari manapun mutiara itu berasal “ kalimat inilah yang selalu menjadi suntikan diri yang jauh dari kalimat sempurna ini. Saya memiliki banyak teman yang saya lihat value nya luar biasa dan selalu meningkatkan value, day by day.

Sebelumnya saya juga pernah menjadi pembicara diacara yang sama namun lokasi yang berbeda, dan tentunya jumlah peserta yang berbeda pula. Diacara tersebut saya berbagi cerita dari pertama kali saya masuk kuliah hingga kini saya sudah menjelang melaksanakan tugas akhir, dengan durasi waktu sekitar 45 menit, bayangkan bagaimana bisa perjalanan selama 4 tahun diceritakan dalam 45 menit? #lebai. Diacara tersebut saya menjadi pembicara dikarenakan terpilih menjadi mahasiswa berprestasi dengan IPK cumload dan terpilih menjadi penerima beasiswa prestasi otomatis. Kalian tau bagaimana perasaan berbagi cerita agar mereka terinspirasi dan menjadi lebih baik dari saya? Sejujurnya saya sangat tidak percaya diri, karena saya kan bukan motivator.

Percaya atau tidak terdapat tangan Tuhan disetiap langkah kita, setiap mengerjakan sesuatu hanya senyum ama yang saya bayangkan, dan saya selalu mengharapkan tangis bahagia yang menempel dipipi ini dari sang ama. Alhamdulillah dari harapan kecil tersebut saya diberikan banyak amanah dan itu semua semakin membuat saya senang dan bahagia ketika ama dan bapak dengan semangat dan antusias mendengarkan saya bercerita.

Acara TnT kemarin adalah salah satu pijakan yang diberika Tuhan melalui Fajrul Islam Universitas Gunadarma, saya menyebutnya Faris. Faris ini adalah LDK universitas Gundarma. Terima kasih atas semua keramah tamahan panitia kepada saya. TnT ini selalu diadakan setiap tahun sebagai acara rutin yang diselenggarakan oleh Fajrul Islam, sungguh mulia kegiatan tersebut menurut saya, kenapa? karena mereka memperhatikan adik adik mahasiswa baru supaya bisa mempersiapkan diri dengan dinamika perkuliahan agar menjadi mahasiswa, namun bukan sekedar mahasiswa, melainkan mahasiswa dengan value added yang bisa muncul karena butuh persiapan yang tidak sebentar. Supaya maba dapat mempersiapkan perbedaan antara bangku perkuliahan dengan bangku SMA.

Untuk adik adik, terima kasih atas antusias kalian, sungguh bangga dan senang ketika melihat kalian dihari libur memilih untuk menghadiri acara TnT dibanding berada dirumah atau kosan saja. Kalian juga menginspirasi saya. Jazakumullahu khayraan untuk semua yang telah mensupport saya dan menjadi inspirasi saya untuk berbagi dengan adik adik.

Wassalam

Siray

Leave a Reply

