First Day in Melaka – Malaysia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, dalam postingan kali ini kami, saya dan teman-teman saya membuat “Our Travel Journal ” yang semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Trip ini dimulai pada tanggal 17 April hingga 22 April 2015 trip yang hanya 5 hari namun sangat mengesankan. Sebanyak 27 orang dalam trip ini sangat membuat kami semakin antusias, kemana kita akan berkunjung sesampainya ditujuan? Bersama keluarga besar ini kami berkunjung untuk melihat peradaban yang terjadi di negara yang hanya butuh 1 jam untuk dikunjungi bersama burung besi. Taukah dimana negara tersebut? Exactly, Malaysia !

Alhamdulillah kami diberikan rezeki lebih untuk berkunjung ke sana. Bukan dengan tujuan untuk hura-hura atau membuang buang uang, karena disana kami mendapatkan banyak sekali experience terkait cara berinteraksi antara beberapa kebudayaan yang berkembang di negara tersebut. Jika banyak orang melakukan trip dengan bagpacker kami melakukannya dengan koper dan lebih enak disebut koperpacker, heheheheee.. setiap kali koper-koper itu bergerak, bumi seakan bergetar dan mengeluarkan bunyi yang sangat khas dari roda koper-koper kami.

Oh yaa.. hampir lupa dari 25 orang ini dibagi menjadi 4 kelompok yang diberi nama oleh PIC (Person In Charge) kami yaitu Shiddiq, Amanah, Tabliqh dan Fatonah. Setiap kelompok terdiri dari 6 sampai 7 anggota dan diketuai oleh 1 orang dan terdapat fasilitator 1 orang disetiap kelompok.

Foto ini diambil ketika di Bandara Soekarno-Hatta
Foto ini diambil ketika di Bandara Soekarno-Hatta

Saya Siti Rahayu (kanan sekali) adalah fasilitator dari kelompok Shiddiq, kelompok kami diketua oleh Ahmad Husin (Kedua dari kiri), sekertaris kami adalah Fitra Amelia (Ketiga dari kanan) , Bendahara kami adalah Qodyan Fatahillah (kiri sekali) dan dua tamu teristimewa kami adalah Mba Ayu Andrianie (Ketiga dari kiri) dan Ibu Sri Margiatin (Kedua dari kanan).

Foto ini diambil ketika kami berada di Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta, sekitar pukul 20.00 WIB tepat sebelum kami boarding karena kami take off sekitar pukul 21.00 WIB dengan Maskapai Lion Air JT 0281.

Terlihat sekali raut wajah yang penuh antusias dan senang sekali dari kami, karena ini our first time trip together to the other country, perasaan itu tak dapat kami sembunyikan. Perjalan kami ini terbilang sangat murah sekali, mungkin teman-teman pembaca tak percaya “Ko bisa? Dengan uang segitu?” alhamdulillah bisa :D. Baik tanpa ingin berlama-lama membuat intro yang akan membuat pembaca kehilangan gairah please jangan kehilangan gairah untuk membaca cerita kami ya. Terimakasih. Beginilah pengalaman kami selama 5 hari di negeri “Truly Asia” .

Hari pertama : Sabtu, 18 April 2015

IMG_20150417_195200
Tiket keberangkatan

 Poto diambil ketika hendak boarding di Bandar Soekarno-Hatta

Alhamdulillah pesawat yang kami naiki berhasil mendarat dengan selamat di KLIA2 (Kuala Lumpur International Airport 2) pada pukul 23.55 WIB (kurang lebih 3 jam di udara), di Malaysia kala itu sudah pukul 00:55 (terdapat perbedaan waktu 1 jam lebih cepat antara Malaysia dan Indonesia).

Setelah mendarat di KLIA2 karena waktu masih terlalu malam. Kami bermalam sementara di restroom KLIA2 sambil menunggu pagi dan loket transportasi dibuka (rata-rata dibuka pukul 08.00 waktu Malaysia). Tempat yang disediakan cukup nyaman untuk kami beristirahat, di dalamnya juga terdapat mall sehingga kami dapat berkeliling melihat-lihat.

restroom KLIA2
restroom KLIA2

Foto ini bukan bermaksud narsis dengan sunglasses tapi memang silau sekali : )

IMG_20150418_064450

Ini restroom yang tersedia di KLIA2

Pukul 07.30 pagi, kami bersiap-siap menuju ke Melaka dengan menggunakan bas (Trans Nasional). Bas menuju Malaka berangkat jam 08.00 pagi. Sebelumnya sudah ada perwakilan dari kami yang mengantri membeli tiket (harga tiket dari KLIA2 ke Sentral Malaka RM 24.30). Sebenarnya terdapat pilihan transportasi lain untuk menuju ke Malaka seperti kereta, tetapi menggunakan bas biayanya lebih terjangkau.

Perjalanan dari KLIA2 menuju Sentral Malaka cukup jauh, banyak dari kami yang menggunakan kesempatan itu untuk melanjutkan istirahat dan melihat-lihat pemandangan sekitar. Sepanjang perjalanan, kami disuguhkan dengan hamparan perkebunan kelapa sawit. Tepat pukul 11.00 kami tiba di terminal Sentral Malaka.

Melaka Sentral
Melaka Sentral

Ini Platform B Melaka Sentral, tempat kami diturunkan dari bus yang kami gunakan

Nb: Sentral Malaka, terminal transportasi umum terbesar di kota Malaka. Terminal yang bersih dan tertata rapi.

Sebelum melanjutkan perjalanan menuju penginapan dan tempat wisata yang ada di Malaka. Kami sempatkan untuk makan siang terlebih dahulu. Lama berkeliling, akhirnya kami putuskan untuk makan di salah satu rumah makan. Tempatnya cukup nyaman, bersih dan ramai (ramai berarti makanannya enak hehehe) pelayannya pun ramah dan pastinya terjangkau. Perlu diingat! hafalkan menu minumannya. Jangan sampai salah pesan!!!

IMG_20150418_102117IMG_20150418_100229

Ini dia rumah makan yang kami pilih, karena tempat yang strategis, berada didekat pintu masuk Melaka Sentral

Next, Perjalanan sesungguhnya baru dimulai, tujuan pertama kota Malaka.

IMG_20150418_124528Bas Panorama ZT17

Dari Sentral Malaka kami naik bas Panorama ZT17 di paron 9 menuju penginapan (harga tiket RM 1.5). Hanya memakan waktu 20 menit untuk sampai di halte dekat penginapan. Kami turun tepat di depan bangunan Christ Churt Malaka, Red Square dan Air Mancur Ratu Victoria. Kami menginap di Fernloft hostel jaraknya lumayan dekat dengan halte dimana kami turun sehingga tak perlu naik angkutan cukup dengan berjalan kaki. Sewa kamar disana untuk satu malam.

Tak berlama-lama di penginapan kami langsung berkeliling. Banyak tempat menarik yang kami kunjungi, jaraknya pun dekat-dekat dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki, diantaranya: Christ Churt Malaka, Red Square, Air Mancur Ratu Victoria, Middleburg Bastion, area kesultanan Malaka, Benteng A Famosa, Stadhuys dan Bukit St. Paul. Tempat-tempat itu bisa kita kunjungi tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Hanya perlu waktu kurang lebih 15 menit jalan kaki dari Stadhuys atau Porta de Santiago untuk menaiki bukit St Paul. Agak nanjak dikit, tapi ngga terlalu capek koq. Di atas bukit terdapat satu bangunan tua yang menarik yaitu gereja St. Paul’s yang dibangun pada tahun 1521 oleh Portugis. Dari sana kami juga dapat melihat pemandangan yang luar bisaaaa.

IMG_20150418_122721IMG_20150418_121829

Tepat didepan Air Mancur Victoria

Sayangnya untuk Museum Maritim Flora de la Mar dan menara Taming Sari kami cuma melewatinya saja, karena dikenakan biaya untuk masuk ke sana.

Setelah puas berkeliling, kami berkumpul kembali di halte bas depan Air Mancur Victoria untuk melanjutkan perjalanan ke Masjid Selat Malaka (kira-kira pukul ????). Masjid Selat Malaka sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Berdasarkan pengalaman yang pernah pergi sana, bangunannya unik dan tempatnya yang berada ditepian laut, apalagi ketika menjelang malam Beautiful banget deh!!! Perjalanan ke sana, kami menaiki bas Panorama ZT17 dengan harga tiket RM 1.5. Bas Panorama ZT17 tidak mengantarkan kami sampai depan Masjid Selat Malaka. Kami turun diperempatan jalan dari situ jalan kaki menuju Masjid Selat Malaka.

IMG_20150418_120202Tiket Bas ke Melaka

Sesampainya di Masjid Selat Malaka kami langsung ambil wudhu dan sholat disana. Sambil menunggu matahari tenggelam kami berfoto-foto. Masya Allah, benar ternyata ketika malam hari keindahan dari Masjid Selat Malaka terlihat jelas.

Tak berlama-lama di Masjid Selat Malaka kami pun melanjutkan perjalanan kembali ke penginapan. Karena tidak ada kendaraan umum yang melewati Masjid, kami berjalan kaki. Lumayan jauh sii, kaki rasanya sudah pegel banget. Tapi seru! karena selalu bersama-sama.

Malam hari kami berjalan di sungai melaka, makan di restoran pakistan, dan kemudian kembali ke hotel yang tidak terlalu jauh dari sunga melaka tersebut

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s