Kau, aku dan ikhlas.

IMG-20140702-WA0007

Ikhlas, begitu bunyinya. Cinta itu memang indah. Bahkan ketika kau hanya membayangkannya. Ketika kau membayangkan ia yang berkunjung ke rumah dan memberitahu maksud hati kepada wali kita di bumi. Kita masih sama-sama ikhlas untuk tak mengumbar kata. Kita sama sama ikhlas hati memiliki kecondongan. Tapi, kecondongan hati bukan berarti kita harus memaksa. Bukan begitu? Kita sama sama tak ingin saling menyakiti satu sama lain. Aku paham. Bukan, bukan hanya aku, tapi kita. Yaa, kita. Kita paham akan hal tersebut.

Kita sama sama percaya bahwa telah tercatat sebuah nama dalam lauhul mahfudz dimana kepribadiannya ditentukan oleh sejauh mana kepribadian kita. Hingga rasanya aku jauh dari apa yang terlihat darimu. Aku memilih untuk diam. Tak banyak bersua, walau kadang hati sangat berbunga dan banyak bicara pada diri sendiri.

Duhai hati, jangan kau risaukan apa yang sudah tertuliskan. Entah dengannya atau tidak. Itu adalah hal terbaik. Ya, pastinya. Bukankah lebih baik kita memperbaiki diri? Karena aku tidak bisa menjanjika diriku baik seperti bidadari yang mungkin terbayang. Aku manusia. Dan aku tinggal di bumi. Sehingga ketika kau mencari kesempurnaan dariku, aku katakan aku tak memilikinya.

Kau dan aku sama sama memilih diam dan ikhlas. Karena kita masih memilih untuk hening dan mungkin membayangkan kisah seperti Fattimah Az-Zahra dan Ali bin Abi Thalib yang mampu menyembunyikan jutaan rasa dalam hatinya. Dan kau yang kusebut dalam do’a berbahagialah karena kau masih menjadi bagian dari do’a malam malam panjangku. Tentunya setelah do’a untuk kedua malaikat tak bersayap untuk ku di bumi ini, Ibu dan Bapak. Semua ini dilakukan tak ada lain agar jalan kita mendapat redha dari sang pemilik hati ini, Allaah Azza Wa Jalla. Semoga engkau dan aku selalu dalam penjagaanNya dalam perjalanan kita masing-masing.

Depok, 26 januari 2016

Kita, selamat berproses menjadi manusia yang ikhlas dan diam.

Leave a Reply

