Yang suka membuat gagal fokus!

thehappyresearcher_2016-01-23_16-54-03

 

Hai readers, apa kabar? mau sharing nih. Sering punya ide nulis ndak? tiba tiba muncul idenya kemudian menggebu untuk merangkai, seketika juga ingat tidak bawa alat tulis atau laptop hanya bawa handphone jadul yang karakternya saja terbatas *nasib* hihihiiii.. sesampainya di rumah atau di kosan langsung buka laptop dong, ehh tiba tiba itu ide menguap entah dimana tadi menguapnya. Seketika lenyap. Lupa. Ahh itu saya sering sekali, kalau fellaws bagaimana? semoga si ndak ya. Daaaaan yang parahnya setelah buka laptop yang dibuka malah folder Korean Drama, aigoooo….

Keinget drama si ahjussi yang belum rampung, sayang kalau ndak dirampungkan. Maunya si nonton 1 episode aja, tapi setelah 1 episode selesai, masih penasaran berhubung stocknya 5 episode udah di tangan. Alhasiiill lah, nulis ndak, nonton iya. Coba siapa yang pernah begini?

Yes, saya!

Habis itu merenung, mengingat waktu yang dihabiskan hingga 3 jam untuk 2 episode, sedih. Mungkin kalau menulis sudah dapat 1 lembar atau sudah dapat ide baru. Terus lagi semangat semangatnya membuat draft, kok sepi ya rasanya, jempolpun mengarahkan ke folder music. Taaah diseteeel dong lagu andalan, entah dari Ost Drama atau mungkin lagu kenangan. Alhasil mulut inginnya ikutan nyanyi. Dan sekali lagi jadi terpecah fokus antara mulut yang hendak mengeluarkan suara dan kursor yang berkedip kedip meminta ditambahkan karakter atau kata-kata.

Sering membayangkan, bagaimana kalau saya rubah suasana saja, mungkin ke kampus mau nulis ditamannya, eh ingat colokan untuk listrik susah. Mengurungkan niat ke kampus, yang ada motor di kendarain menuju rumah makan cepat saji, yang disana ada colokan ada biasanya ada wifi gratis. Setelah sampai, pesan makanan atau minuman, buka laptop, utak atik password wifi.

Daaaaaannnnnn!

setelah connection internet, yang ada buka youtube, buka sosmed, cek email dan nyari film atau drama yang lagi running di korea sana. Alhasil. Gatot, ke tempat itu hanya numpang makan dan wifi-an. Lesulah ini produktivitas menulis jika seperti ini.

Okeh, ganti strategi,

Tidak ada koneksi internet selama masa penulisan, dan semua folder drama yang sudah selesai ditonton di delete, fokus ke layar putih, berusaha untuk fokus. Ini strategi better lah. Yang penting sebelum mulai minum sudah ada didekat kita dan sudah makan, atau ada cemilan supaya tidak ngantuk ya gaes.

Jadi buat nulis aja salah fokusnya banyak banget. Seringnya di kejar deadline dan kalau udah begitu lupa deh waktu makan, waktu siang dan malam hingga membuat kesehatan terganggu. Siapa yang pernah begini? Yes, sekali lagi saya pernah.

Mungkin ada yang punya tips and trick boleh di share disini di kolom komentar ya, semoga dengan begitu bisa membangkitkan semangat dari menulis. Aamiin

Salam,

Depok 9 Feb 2017

Advertisements

2 thoughts on “Yang suka membuat gagal fokus!

    1. Hallo Mba Mutiara, iya ya kadang begitu, solusi yang biasa saya lakukan adalah membawa catatan kecil kemana saya pergi untuk menulis poin poin yang akan ditulis, kalau kalau ide nmuncul dadakan dan ndak bawa laptop. Kalau sudah di depan laptop jangan ada koneksi ke internet supaya ndak gagal fokus sama beberapa website. hihihhiii begitu Mba Mutiara sedikit yang bisa saya share, semoga produktivitas menulisnya meningkat pun begitu dengan fokusnya ya 🙂

      Salam Pena dan terimakasih telah berkunjung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s