#Challenge300KoneMonth, Hemat pangkal bahagia dan tentu sehat! Yuk mari di coba

Hai readers, mau nulis tentang cerita dikosan baru baru ini nih. Ah ya jadi begini ceritanya, baru baru ini kami di kosan sebagai anak kosan pasti yang sudah lulus dari zona kembang kembis anak kosan tau lah ya, ada saja hal yang membuat kita untuk berhemat sehemat hematnya. Kami sadar kami bukan dari keluarga yang berada sehingga kosan yang berharga Rp.400.000 di era 2017 ini sangatlah menolong kami walau kami harus berjalan dari jalan utama ke kosan itu sekitar 10-15 menit. Hal itu tidak menjadi perkara rasanya bagi kami, kami sadar dengan uang Rp.400.000 menginginkan lokasi kosan di depan rasanya tidak mungkin mengingat ini tahun 2017. Pertama kali saya pindah ke kosan ini saya masih merasakan membayar kosan dengan harga Rp.300.000 di tahun 2013, sebelumnya ketika saya 2011 mengekos di dekat kampus harga perkamar yang saya ambil adalah Rp.700.000, hingga suatu ketika negara api menyerang saya memutuskan untuk mencari kosan baru dengan harga yang bisa saya toleransi hingga kantung saya tidak terlalu tercekik rasanya. Mencari kosan ini rasanya saya sedang tidak berada di Margonda melainkan saya berada di daerah kampung halaman saya, dikarenakan lokasi rumahnya yang begitu asri dan jauh dari jalan utama hingga bising tak saya rasakan. Nama kosan kami adalah Sari Tanjung 2, dikosan ini saya bertemu dengan banyak orang yang berbeda karakter tapi ternyata satu frekuensi artinya banyak hal yang bisa menyambung kami perbincangkan setelah kegiatan siang hari kami baik sebagai mahasiswa ataupun yang sudah bekerja. Rasanya kekeluargaan yang belum pernah saya temui di kosan terdahulu atau kosan kawan saya ketika saya main. Di Sari Tanjung kami terbiasa berbagi makanan baik makanan mewah atau makanan sederhana. Makanan mewah disini maksudnya adalah makanan yang mungkin jika dibeli akan mengeluarkan uang diatas Rp.50.000, angka yang kecil mungkin untuk sebagian orang tapi bagi kami itu luar biasa besar.

Tips-Hemat-Ala-Anak-Kost

Satu satu dari kami yang sudah lama berada dikosan memang pada akhirnya akan keluar dikarenakan pindah kerjaan ataupun mendapat pekerjaan baru (masa perpindahan dari mahasiswa menjadi pekerja), dan ternyata setiap kamar memiliki sosok yang biasa dicontoh baik dari mengatur uang, mengatur kamar ataupun mengatur waktu luang. Baru baru ini dikosan kami ada yang bercerita bahwa selama sebulan ia mengeluarkan uang untuk makan sebesar Rp.300.000, ini sungguh membuat kami tercengang. Perbincangan malam itu melahirkan ide #Challenge300KoneMonth dimana masing masing dari kami berusaha tetap mengkonsumsi makanan sehat dengan total pengeluaran untuk makan dalam sebulan adalah Rp.300.000. Mungkinkah kami bisa?

Di minggu pertama bulan maret ini kami mencoba menerapkan puasa sunnah untuk menjaga kesehatan kami, kami bangun sahur bersama untuk dua minggu ini dan alhamdulillah minggu pertama pun kami buka bersama. Kami berpuasa bukan untuk menghemat tapi melainkan untuk kesehatan dan juga untuk beribadah, heheheh jadi jangan salah paham ya J

 

Apa sih yang kami lakukan? Kami belanja di pasar tradisional, kami mengolah makanan sendiri dengan menu yang sederhana dan rasanya cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kami membeli tahu dan tempe, membumbuinya dan menyimpan di kulkas untuk dikonsumsi beberapa hari dan juga kami membeli sayur mayur, sayuran yang sekarang sedang menjadi primadona di kulkas kosan adalah ‘Sayur Sop’ dimana dapat kami beli 1 bungkusnya dengan harga Rp.3000 berisi dua buah wortel, 1 buah kentang, 1 batang daun bawang dan daun kubis. Kami bisa memasak sayuran sebungkus itu untuk menu dua hari, kadang kami buat dia menjadi sayur sup kadang pula kami buat seperti capcay (tentunya tidak menggunakan bakso ya, hehehe) kami juga tidak lupa menstock telur, ini biasanya untuk sarapan pagi. Cukup rasanya sarapan pagi dengan telur, nasi, kecap, kerupuk dan gorengan tempe atau tahu.

 

Setiap dari kami mencoba menghemat bukan menjadi pelit, kami tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan gizi dari tubuh. Banyak hal yang saya pelajari dari #Challenge300KoneMonth

  1. saya menjadi berpikir ulang untuk menghamburkan uang ketika mendengar bahwa saudari saya bisa sangat hemat seperti itu, walaupun ketika saya mengeluarkan uang bukan untuk kesenangan semata melainkan kadang saya membeli hal yang belum saya butuhkan saat ini dan sebenarnya bisa saja nanti membelinya tapi karena memegang uang seringnya lupa, jadi ingat pesan Ama “Ndok ingat ya, berhati hatilah dalam menggunakan uang, gemi (senang) menabung ya, supaya ada simpanan ketika dibutuhkan pengeluarakan lebih tapi jangan lupa makan yang bergizi juga, hindari mie instans atau makanan instans, hemat boleh tapi pelit jangan apalagi sampai membuat tubuh tidak mendapatkan haknya mendapat nutrisi terbaik” ahh lumer deh.
  2. dengan tantangan #Challenge300Konemonth bukan hanya saya tapi anak kosan yang lain jadi berlomba lomba untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur mayur
  3. kamipun semakin erat keakrabannya dan saling mengingatkan akan kebutuhan yang tidak bisa di duga jika kita dengan mudah membuang uang maka dari sekarang harus ‘hemat dan menabung’
  4. jujur denga tantangan ini saya senang sekali dapur jadi hangat, setiap individu belajar memasak untuk memasak makanannya sendiri dan merasakan ‘beginilah repotnya ibu kita menyiapkan makanan setiap harinya’

 

Catatan

Mencoba hidup hemat itu bukan pelit ya, karena kami perempuan sungguh kami sangat perlu belajar mengatur keuangan, bagaimana jika sang imam datang tiba tiba kepada Bapak? Posisi kami sebagai perempuan akan menjadi menteri keuangan dalam rumah tangga, jika tidak bisa mengatur uang dengan benar dan baik, kasian nanti tidak ada tabungan dalam istana rumah tangga, eaaaa tsaaah.

Jika diluar sana ada yang sedang menabung untuk kami, disini kami juga sedang belajar menghemat supaya tidak menyusahkan dalam urusan atur mengatur keuangan, kami pun rasanya adalah perempuan perempuan yang cukup strong mengavoid keinginan mengkonsumsi makanan mahal dan lebih memilih makanan sehat yang kami masak sendiri. Tenang insyaaAllaah 4 sehat 5 sempura dan 6 sehat kok J

Mungkin jika ada yang ingin mencoba atau sudah mencoba hidup dengan sangat hemat bisa berbagi bersama kami.

#Kami adalah 8 orang anak kosan di Sari Tanjung yang sedang berusaha untuk #Challenge300KoneMonth do’akan kami berhasil ya, next tunggu cerita berhasil kami. Bye

gambar saya download dari www.carajadikaya.com

2 thoughts on “#Challenge300KoneMonth, Hemat pangkal bahagia dan tentu sehat! Yuk mari di coba

  1. semangat sista 🙂
    wkwkwk setidaknya kalopun misal saya gagal 300k per bulan, setidaknya dipastikan saya lebih hemat dari biasanya.
    bye ayu yang suka buang buang bahan makanan dan jajan ngga jelas.

    semangat yaa anak anak sartan. Hwaiting!!!

Leave a Reply

